mindtalk png

Mengabaikan kesehatan kulit dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang lebih serius, loh! Oleh karena itu, setiap orang memiliki kepentingan sama dalam menjaga kesehatan kulitnya. Perawatan kulit tentunya tidak hanya mencakup penggunaan produk-produk skin care, tapi juga perawatan dari dalam dengan pola hidup yang sehat. Lantas apa saja? Simak 5 poin berikut.

  • Pola Makan Sehat
    Bukan lagi menjadi rahasia bahwa makanan yang dikonsumsi akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Selain makanan bergizi seimbang, pastikan menu harian berisi makanan yang mengandung antioksidan serta vitamin penting untuk kulit.

  • Tidak Merokok
    Salah satu gaya hidup sehat adalah dengan tidak merokok. Merokok dapat mempersempit pembuluh darah kecil di lapisan terluar kulit. Akibatnya, aliran darah akan menurun, membuat kulit tampak pucat, serta kusam. Selin itu, merokok juga merusak kolagen dan elastin pada jaringan kulit.

  • Kelola Stres
    Hormon kortisol yang dihasilkan tubuh saat stres dapat meningkatkan produksi minyak alami kulit. Minyak yang berlebih lambat laun bisa menutup pori-pori kulit dan menjebak bakteri penyebab jerawat di dalamnya. Luangkan waktu untuk melakukan hal yang disukai, rehat sejenak dari kesibukan, atau berkonsultasi kepada psikolog bila perlu.

  • Tidur Cukup
    Tidur dengan cukup adalah rahasia terbesar untuk merawat kesehatan kulit. Kualitas tidur yang baik membantu memberikan waktu pada kulit untuk beristirahat dan memperbarui sel yang rusak. Selain itu, tidur yang cukup juga mencegah munculnya kantong mata, kerusakan kulit akibat sinar UV, serta kulit yang lelah dan kusam.

  • Lindungi dari Sinar Matahari
    Sinar UV menjadi salah satu penyebab terjadinya penuaan dini pada kulit. Oleh karena itu, sangat penting untuk melindungi kulit. Lindungi kulit dari sinar matahari, terutama saat matahari berada pada intensitas tertingginya pada pukul 10 pagi hingga 4 sore. Jika mengharuskan untuk tetap beraktivitas pada waktu tersebut, wajib untuk menggunakan pakaian pelindung, seperti baju lengan panjang, celana panjang, atau topi. Dan jangan lupa untuk tetap memakai produk tabir surya dengan SPF sedikitnya 15.