http://dmcd6hvaqrxz0.cloudfront.net/...e7df632ec7b4.jpg

Apartemen Kardus Si Cantik Barbie
Senin, 13 Agustus 2012
Oleh Degina Juvita
Foto: Inhabitat.com

Boneka Barbie sebelum dikenal memiliki rumah gaya mega mansion, terbuat dari plastik berwarna pink dengan perabotan minim. Tampak dalam pameran baru MoMA “Century of The Child : Growing by Design, 1900-2000”. Faktanya, desain Dream House milik Barbie yang pertama didesain pada 1960-an. Berisi perabotan modern, namun efisien digunakan di ruang sempit.

Dream House dirancang oleh kreator Barbie, Ruth Handler. Rumah Barbie dibangun dari kardus dan dirancang dalam gaya flat-pack-- sehingga anak-anak gadis kecil bisa melipatnya dan membawanya dalam koper. Hebatnya, apartemen kecil mengambil gaya sehari-hari, menggabungkan hi-fi TV, tempat tidur, meja dan sofa, kopi, lukisan, kursi sisi dengan tumpuan dan buffet. Semua dalam bentuk minimalis. Desain ini jauh dari desain Tudor-Styled, Dream House yang dibuat di tahun- tahun berikutnya, bahkan dikembangkan hingga saat ini.

Rumah kardus ini merupakan rumah pertama Barbie, maka menjadi impian setiap gadis kecil untuk memilikinya saat itu. Tapi sayangnya, rumah Barbie hanya dapat dibeli oleh orang-orang beruntung, sebab harganya yang sangat mahal. Sebuah rumah Barbie dijual dengan harga 150 dolar Amerika hingga 500 dolar Amerika.

(Sumber: Inhabitat.com)