http://dmcd6hvaqrxz0.cloudfront.net/...c95f05746f84.jpg

Benarkah Nike GS Berkonsep ’Hijau’?
Sabtu, 11 Agustus 2012
Oleh Degina Juvita
Foto: www.ecofriend.com

Nike membuktikan komitmennya mencipta produk sustainable. Merek ikon olah raga Nike, telah memproduksi sepatu sepak bola baru bernama “Nike GS”. Sepatu ini disebut-sebut sebagai sepatu yang paling ramah lingkungan, yang pernah diproduksi oleh perusahaan Nike. Bentuknya chic, memiliki fitur boots terbarukan dan bermaterial daur ulang. Sepatu ini tergolong ringan karena hanya memiliki berat 160 gram-- sehingga penggunanya dapat bergerak cepat serta sepatu paling ringan yang dibuat Nike selama ini.

Polyster dan botol daur ulang merupakan bahan plastik yang digunakan untuk membuat ‘lidah’, lapisan, dan tali sepatu. Sepatu dari bahan-bahan tersebut, dengan material sekitar 70%. Terdiri dari 97% castor beans (jenis kacang-kacangan), bahan nabati yang disebut Pebax Renu digunakan untuk plat sepatu. Lebih dari 50% bahan merupakan bahan terbarukan.

Dalam proses produksi Nike GS melibatkan kulit kangguru yang mengandung 35% karbon, lebih sedikit dari proses penggunaan material tradisional. Sepatu ini juga bersifat bebas kimia. Yang membuat Nike GS menjadi dambaan para pemain sepak bola karena bobotnya lebih ringan 15% dibanding sepatu sepakbola tradisional lainnya. Itu semua berkat bahan castor beans. Selain berdampak rendah terhadap lingkungan, sepatu ini juga dapat memberikan kinerja maksimal walau di bawah kondisi mendesak sekalipun.

Nike GS edisi terbatas, hanya diproduksi sebanyak 2012 item dan akan tersedia di toko online Nike mulai 15 Agustus, dengan harga 300 dolar Amerika. Anda tertarik membelinya?

(Sumber: www.ecofriend.com)