http://dmcd6hvaqrxz0.cloudfront.net/...827a1b902b1b.jpg

Kepekaan Lampu Bawah Laut
Kamis, 09 Agustus 2012
Oleh Degina Juvita
Foto: Inhabitat.com

Desainer Denmark dan tim Development UrbanBotics, telah menciptakan serangkaian lampu perkotaan (urban lights) yang diberi nama ORB. Lampu-lampu tampak serupa ubur-ubur menyala di bawah air. ORB dirancang untuk pangkalan laut, pantai, sungai, danau, saluran air, hingga kolam renang. Keindahan lampu LED sangat interaktif. Lampu-lampu itu merespon rangsangan dari lingkungan sekitar-- dengan gerakan mendekati suara tenang seperti musik, dan bersembunyi ketika suara keras terjadi!

ORB, proyek UrbanBotics dalam mencipta cara baru yang terintegrasi; furnitur dan teknologi dalam ruang perkotaan. Bagian dari skema ini termasuk elemen air, yang merupakan tempat ORB bekerja. Pertama kali dipresentasikan dalam bentuk tujuh prototipe mengambang dan menyelam di Copenhagen Nordre Toldbod Harbur.

Bergerak menyerupai makhluk laut yang cerdas, ORB mampu menangkap suara perkotaan dengan cara yang sama seperti hewan. Ketika orang menimbulkan suara atau memainkan musik, ORB mendekat ke arah mereka. Saat suara keras mesin atau teriakan orang, ORB tenggelam dan bersembunyi di dasar laut.

ORB pintar berkomunikasi dengan cara berkedip dalam berbagai warna dan sinyal, berupa gelembung udara. ORB pun mengirim sinar cahaya ke arah bawah, sehingga terlihat secara sekilas kehidupan bawah air; ikan dan tanaman. Lampu yang sangat indah dan spektakuler di malam hari-- tatkala cahaya interaktifnya diperkuat dengan refleksi di atas air. Tidak hanya itu, ORB mampu bertahan di luar sepanjang tahun, karena di desain dengan sangat kokoh bahkan suhu paling dingin sekalipun.

(Sumber: Inhabitat)