Tips Ampuh Meningkatkan Skill Menggambar- Latihan yang rutin setiap hari adalah salah satu cara para Artist untuk meningkatkan skill menggambar. Tapi mungkin tak sedikit dari kalian yang kepikiran “Saya sudah menggambar setiap hari biar skill gambar bisa berkembang, tapi saya merasa seperti tidak ada perkembangan sama sekali.” Jangan pernah berfikir seperti demikian. Kita sudah sering mendengar pepatah “Kata adalah Doa”, jadi tetap ingat prinsip ini dan buang jauh jauh pemikiran seperti itu. Kamu hanya tidak menyadari perkembangan yang sudah kamu capai dan bukan berarti kamu tidak berkembang sama sekali. Latihan membuat kamu bisa dan pengalaman adalah guru terbaik, teruslah berlatih dan buat orang-orang berkata “Perkembanganmu sangat luar biasa!”. Saya sendiri masih terus berlatih dan akan terus berlatih tapi itu bukan berarti saya tidak bisa berbagi metode cara menggambar dan meningkatkannya bukan?

Hal terpenting untuk meningkatkan kemampuan menggambar adalah latihan Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak. Kamu tidak bakal bisa berkembang jika kamu hanya berharap tanpa adanya aksi, sama seperti kamu rajin menonton video menggambar di youtube setiap hari tapi kamu tidak pernah mencoba menggambar Staedtler Pensil dengan teknik yang sudah kamu tonton tadi, saya jamin itu semua sia sia dan tidak akan merubah keadaan. Jika kamu masih berharap tanpa adanya aksi, mulai sekarang ambil pensilmu, gambar Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak sesuatu dan kamu akan berkembang.

Alat Gambar

Kamu tidak bisa menggambar portrait realistic dengan hanya satu pensil tentu cara menggambar ini membuat karyamu terasa flat, jadi apa yang harus kamu lakukan adalah memahami bidangmu. Jika kamu tertarik pada Membuat Anak Menyukai Baca Tulis Sejak Usia Dini portrait realistic maka kamu harus membeli lebih banyak pencil lagi dari yang paling terang (seri H) ke paling Gelap (seri B). Banyak sekali dari mereka yang mencoba menggambar realistic dengan hanya satu pensil 2B saja, menggambar dengan pensil 2B saja tentu gambar mereka terlihat datar dan mungkin kita tidak bisa menyebutnya sebagai gambar realistic. Jika kamu masih menggunakan 1 pensil saja untuk menggambar wajah realistic, sekarang saya sangat menganjurkan untuk membeli beberapa pasokan pensil dari yang terang ke yang gelap sesuai kebutuhan. Tentu hal ini berbeda untuk mereka yang menyukai cara menggambar Manga style, biasanya Manga Artist hanya membutuhkan 2 tipe pensil saja, Satu untuk sketsa dan yang satu lagi untuk arsiran dan juga mereka menggunakan drawing pen untuk menebalkan gambar mereka.

Bagaimana dengan Staedtler Pensil warna? Jika kamu baru saja belajar cara menggambar, saya merekomendasikan untuk belajar menggambar mengguakan Staedtler Pensil  terlebih dahulu untuk memahami teknik dasar dalam menggambar. Setelah menguasai portrait hitam putih barulah kita mencoba bereksperimen dengan pensil warna. Tapi tidak masalah juga bagi kamu yang ingin mempelajari menggambar dengan pensil warna terlebih dahulu, karna artikel ini hanyalah opini saya.

Selalu bawa Sketchbook

Seseorang pernah berkata kepada saya Asah Kecerdasan Anak dengan menggambar untuk selalu membawa sketchbook atau buku gambar kemanapun kamu pergi. Jika kamu punya ide baru atau sedang bosan kamu bisa menggambar sesuatu untuk menenangkan pikiran atau mungkin kalian menemukan cara menggambar yang baru seperti menggambar pemandangan yang belum pernah kalian coba sebelumnya. Jika kamu sedang berlibur jangan lupa untuk membawa sketchbook dan pensilmu, kalo kamu lagi bosan atau tidak ada kerjaan kamu bisa menggambar dan saya jamin itu akan membuat mood kamu semakin bagus. Tentu ini adalah bagian dari latihan, tetap ingat! Latihan membuat kamu bisa!

Redraw, redraw dan redraw!

Redraw berarti menggambar Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak ulang. Kalo kamu merasa percobaan menggambar pertamamu tidak seindah harapanmu, jangan buang gambar itu tapi simpanlah disuatu tempat dan jadikan sebagai referensi agar menjadi semakin baik. Latihan lebih giat, gambar kembali gambar yang kamu anggap belum bagus. Lalu coba bandingkan gambarmu yang lama dengan gambarmu yang sekarang, saya 100% yakin kamu akan menemukan sampai dimana perkembanganmu.

Gunakan Referensi

Pentingnya Menggambar Bagi Anak dan Referensi sangatlah penting bagi kamu yang baru belajar menggambar dan bahkan professional pun masih membutuhkan referensi untuk menyelesaikan kerja mereka. Lalu referensi semacam apa yang kamu butuhkan? Dan dimana bisa mendapatkan referensi untuk menggambar? Gampang kok, tinggal buka Google dan ketik apa yang kamu butuhkan. Mungkin kamu mau menggambar pose action tapi nggak tau harus mulai dari mana, kamu bisa mencari pose action di Google Image dengan kata kunci “Action pose” atau “action pose reference.” Jika kamu masih belum menemukan referensi pose yang sesuai dengan yang kamu inginkan, solusinya adalah membeli mannequin. Ada banyak sekali jenis mannequin yang dijual dipasaran dari harga yang paling murah sekitar 40 ribu saja hingga jutaan rupiah yang sangat detail. Silahkan beli mannequin sesuai kebutuhan dan budget kamu.

Gabung ke Komunitas Menggambar

Bergabung ke Komunitas Menggambar Staedtler Pensil sangatlah penting untuk meningkatkan kemampuan menggambar bagi kamu yang baru belajar menggambar. Kamu bisa bergabung ke komunitas gambar di facebook, deviantart, forum atau masih banyak lagi. Tentu di komunitas dengan hobi yang sama, kamu akan lebih mudah untuk berinteraksi dengan sesama yang menyukai seni menggambar. Kamu bisa memposting hasil gambarmu di forum tersebut dan mintalah pendapat mereka tentang gambarmu, tak banyak dari mereka yang mengkritik dengan komentar yang menyinggung so kamu harus bijak dalam menanggapi pendapat mereka dan berusahalah untuk memperbaiki kesalahan. Dengan bergabung ke komunitas menggambar kamu bisa mendapatkan teman baru dan mungkin kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat kamu. Jangan lupa untuk bergabung ke komunitas menggambar yang ada di regionmu, menggambar bersama, berbagi pengalaman, tips tekhnik dan hal bermanfaat lainnya.

Kembangkan Gaya Gambarmu

aat kamu sudah jago menggambar dan yang terfikir di benak kamu pasti adalah “Apa yang bisa membuat gambarku lebih unik? Dan lebih mudah dikenali orang banyak?” jawabannya adalah Kembangkan gaya gambarmu. Apakah kamu tau Ilya Kuvshinov? Atau mungkin kamu juga fansnya? Menurut saya Artist rusia ini lah yang gaya gambarnya paling ngeklop dengan saya. Apa keuntungannya jika memiliki gaya gambar sendiri? Yang pasti karyamu akan lebih mudah dikenal oleh orang lain, dan jika kamu ingin bekerja sebagai Illustrator, Mangaka atau Concept Designer tanyalah ke klienmu mengapa dia memilih kamu dari banyak Artist diluar sana? Dan saya sangat yakin jawaban mereka adalah karena mereka menyukai gaya gambarmu.

Jadi inti dari cara meningkatkan skill Corat-coret menggambar adalah kemauan yang kuat, disiplin dan tidak mudah putus asa. Karena, banyak dari Artist terkenal mengakui bahwa bukan bakat yang membuat mereka professional, tapi keinginan kuat untuk belajar dan berkembang. Seperti yang kita ketahui, designer dan programmer adalah profesi yang sangat dibutuhkan di zaman sekarang ini. Dan siapa yang tahu jika Ilustrator, Concept design dan Mangaka adalah profesi yang sangat diminati?